Tuesday, May 3, 2011

Menguak Potensi Beasiswa Pendidikan Swiss bagi Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia masih kurang memaksimalkan kesempatan beasiswa yang ditawarkan pemerintah Swiss, meskipun sejumlah kesempatan beasiswa telah ditawarkan dari tahun ke tahun melalui kantor khusus, Federal Commission for Scholarships for Foreign Students yang menangani pemberian beasiswa dalam jumlah terbatas bagi beberapa negara berkembang termasuk Indonesia.
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Swiss, Iwa Sobara kepada Wanda Hamidah, anggota Komisi E yang membidangi pendidikan, kesehatan, kepemudaan  dan olahraga DPRD DKI Jakarta dalam kesempatan tatap muka dengan pengurus PPI Swiss (27/04).
Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo, menjelaskan kepada Wanda Hamidah bahwa pemerintah Swiss sangat memperhatikan penataan sistem pendidikan mereka sejak sedini mungkin. Anak-anak yang bersekolah di Swiss telah diarahkan arah pendidikannya sejak awal sehingga mereka dapat menjadi tenaga ahli dalam profesi mereka di kemudian hari.

Sejak kelas 9 atau setara dengan kelas 3 SMP, siswa telah dijuruskan ke dalam dua jenis sekolah, yaitu sekolah Gymnasium, dimana mereka disiapkan untuk melanjutkan ke sisitem pendidikan yang lebih tinggi/Universitas dan sekolah Sekundar, dimana anak-anak dipersiapkan untuk melanjutkan ke sekolah kejuruan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Dubes Djoko Susilo bahwa kurikulum pendidikan Swiss dibangun dengan pilar-pilar inovasi, penelitian dan pengembangan, yang menyokong pembangunan institusi pendidikan Swiss dan menempatkannya dalam jajaran sekolah-sekolah terbaik di dunia. Oleh sebab itu, skema beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia merupakan kesempatan emas bagi pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, himbau Dubes Djoko Susilo.
Usai diskusi yang informatif tersebut, Wanda Hamidah menyampaikan rasa terima kasihnya atas berbagai masukan yang disampaikan, sehingga dapat membawa pulang ide-ide berharga untuk disampaikan kepada pelajar di Indonesia dan di DKI Jakarta khususnya.

Informasi mengenai beasiswa Swiss dapat diperoleh melalui Kedutaan Besar Swiss di Jakarta dan situs Federal Commission for Scholarships for Foreign Students.

Selain itu, Swiss National Science Foundation juga memberikan beasiswa pendanaan untuk penelitian di segala disiplin ilmu, terutama untuk kerjasama penelitian internasional, konferensi dan kegiatan lain terkait pengembangan pendidikan.

By Djoko Susilo with 1 comment

1 comments:

Pak Djoko , saya punya sekolah, SD-SMP-SMA saya dirikan sejak 2005. Tadinya saya dirikan Kursus sejak 1987. Pak Djoko tahu kan bagaimana membangun bangsa tanpa pendidikan yang qualified. Di papua itu nkebanyakan guru hanya mau terima gaji tanpa memberi kepintaran kepadfa murid. Maka saya bangun sekolah, namun ternyata tantangannya tidak ringan. Bagaimana sig mencari berita peluang Bea Siswa ke Swiss. Tks.

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives