Tuesday, May 3, 2011

Wanda Hamidah Nikmati Layanan Bis dan Tram di Bern

Kedisiplinan pengguna kendaraan umum di Bern sangat mengagumkan dan patut dicontoh, ujar Wanda Hamidah, anggota DPRD DKI Jakarta dalam kesempatan kunjungannya ke Ibukota Swiss, Bern (26/04) setelah seharian berkesempatan mencoba nyamannya menggunakan kendaraan umum untuk bepergian ke berbagai pelosok kota Bern.

“Mereka mempunyai kesadaran yang tinggi sebagai pengguna kendaraan umum, mulai membeli karcis secara tertib, menunggu giliran di depan mesin tiket, hingga menjaga kebersihan baik di dalam bis maupun tram“, ungkap Wanda.

“Sangat mudah melihat lihat kota Bern dengan menggunakan kendaraan umum, dan memang sepertinya kendaraan itu diatur sedemikian rupa sehingga sangat mudah untuk wisatawan berkunjung ke objek-objek wisata dengan bis atau tram“, tambahnya lagi.
Anggota Komisi E yang membidangi pendidikan, kesehatan, kepemudaan  dan olahraga DPRD DKI Jakarta ini berkesempatan mengelilingi kota Bern dan berkunjung ke berbagai tempat atraksi wisata Bern dengan menggunakan bis dan tram yang berwarna merah sebagai ciri khas transportasi publik Ibukota Swiss ini.

Kota Bern yang berpenduduk sekitar 135.000 orang merupakan kota terbesar ke-empat di Swiss setelah Zurich, Basel dan Jenewa dan mempunyai alat transportasi yang terdiri dari Tram dan Bis dengan harga karcis yang mengharuskan pengguna untuk merogoh saku cukup dalam, berkisar antara  2 - 4 Swissfrancs (sekitar Rp 18.000 s/d 36 000). Layanan transportasi publik tersebut disediakan oleh pemerintah kota Bern untuk menunjang aktifitas harian penduduk Bern dan tentunya bagi kenyamanan turis-turis yang ingin menikmati keindahan kota berbahasa Jerman ini.

Selain menggunakan kendaraan umum, Wanda juga berkesempatan menikmati jalur wisata di daerah Kota Tua dengan berjalan kaki hingga di tepian sungai Aare yang membelah kota Bern, untuk mengunjungi tujuan wisata khas kota Bern, “Barengraben“, dimana terdapat beruang yang dipelihara sebagai maskot kota Bern.

Dalam kunjungan singkatnya ke Swiss Wanda Hamidah juga berkesempatan melihat industri pembuatan keju di kota kecil Swiss di daerah berbahasa Perancis, Gruyere, sambil tidak lupa mencicipi masakan khas Swiss yang sangat terkenal yaitu Roesti. Roesti adalah kentang yang diparut dan dimasak dengan mentega dan merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika mengunjungi Swiss.

Sebagai penutup acara kunjungan itu, Wanda Hamidah juga berkesempatan bertatap muka dan berdiskusi mengenai bidang pendidikan di Swiss dengan Pengurus PPI Swiss dan Duta Besar RI untuk Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo.

Wanda adalah Ketua Fraksi Amanat Bangsa, DPRD DKI Jakarta untuk periode 2009-2010 dan pernah menerima penghargaan sebagai Artis Peduli Hukum dan HAM pada tahun 2008.

By Djoko Susilo with No comments

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives